NewsAGAVI Menjajaki Peluang Kolaborasi bersama POLBANGTAN Bogor

February 27, 2020by Sari Nurmayani

Hilirasi produk olahan hasil Pertanian adalah hal yang sangat essensial dalam Industri Pertanian. Sifat alamiah komoditas pertanian yang mayoritas perishable menjadi salah satu kendala dalam distribusi komoditas Pertanian. Siklus konsumsi komoditas Pertanian harus secepat mungkin mengingat umur simpannya yang pendek. Tidak jarang, banyak komoditas Pertanian yang menjadi limbah jika tidak terkonsumsi dengan cepat baik untuk kebutuhan domestik atau industri.

Solusi yang sering dilakukan adalah hilirasi komoditas hasil Pertanian menjadi berbagai produk turunan. Diversifikasi produk turunan hasil Pertanian adalah salah satu cara untuk meningkatkan nilai fungsional dan nilai jual dari komoditas Pertanian. Selain itu, memperpanjang masa simpan dan meningkatkan nilai kesukaan konsumen terhadap komoditas Pertanian tertentu juga menjadi nilai tambah.

 

AGAVI sebagai sebuah perusahaan startup yang fokus dalam Inovasi Produk Hilir hasil Pertanian pada tanggal 18 Januari 2020 mendapat kunjungan dan kesempatan untuk berdiskusi dengan Politeknik Pertanian Pembangunan Bogor. Agenda tersebut di selenggarakan di site Idelansia, Kabupaten Subang dengan Team AGAVI sebagai host. Sejumlah Dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dari POLBANGTAN Bogor turut serta dan antusias dalam agenda tersebut.

Rangkaian acara agenda tersebut yaitu diskusi interaktif mengenai isu strategis dalam hilirasi komoditas Pertanian meliputi:

  1. Peningkatan nilai tambah komoditas rempah dan herbal Indonesia melalui teknologi ekstraksi yang berkelanjutan
  2. Elaborasi teknologi, sains, dan trend lifestyle untuk Menentukan jenis produk turunan hasil Pertanian bernilai jual tinggi
  3. Sistem sirkular dan zero waste dalam system Agroindustri pengolahan hasil Pertanian
  4. Management limbah Pertanian terintegrasi menggunakan serangga degredator Black Soldier Fly, sebagai edible insect sumber protein tinggi

Seluruh peserta dalam agenda tersebut antusias dalam berdiskusi dan bersama menjajaki peluang kerjasama, mengingat kedua Lembaga tersebut adalah Industri dan Lembaga Pendidikan yang diharapkan senantiasa terhubung dan bersinergi untuk menciptakan Inovasi dan mengaplikasikannya, sehingga kebermanfaatan kinerja keduanya memiliki kebermanfaatan seluas-luasnya.

Contact Us

+62 859-3344-0741
contact@agavi.id
Jl. Jendral Ahmad Yani No. 669 Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung. 40125.

Business Inquiries

+62 859-3344-0741

2020 © PT Agritama Sinergi Inovasi