Online Bootcamp Session 4: Strategi Marketing untuk Pelaku Bisnis

By Cintantya Salma Salsabila at October 13, 2024
news
Online Bootcamp Session 4: Strategi Marketing untuk Pelaku Bisnis

Kota Depok saat ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan dalam sektor ekonomi dan pemasaran, terutama setelah dampak pandemi. Pertumbuhan ekonomi (LPE) kota ini sudah mencapai 5,24% pada 2023, meskipun masih di bawah target 7%. Upaya untuk memperkuat ekonomi terutama berfokus pada pemberdayaan UMKM dan Wirausaha Baru (WUB) yang mengalami peningkatan sejak pandemi.


Pada 28 September 2024, dalam lanjutan sesi online Sustainable Business Incubation Program dengan fokus materi terkait strategi marketing. Sesi ini dibawakan oleh Chairul Anam dengan materi Innovative Marketing Strategies for Competitive Advantage. Acara ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha dan UMKM di Depok memahami strategi pemasaran yang efektif untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan kompetitif di pasar. Dalam seminar kali ini selain marketing, ditekankan juga  selling, branding, analisis internal dan eksternal perusahaan, SWOT marketing, menganalisa kompetitor, segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar, strategi penetapan target pasar dan membangun posisi brand yang kuat di pasar, hingga ke tahapan promosi.


Chairul Anam menyoroti pentingnya pemasaran digital sebagai salah satu faktor kunci dalam memajukan bisnis. Ia menekankan perlunya penggunaan platform digital seperti media sosial dan e-commerce. Selain itu dalam materi ini juga membahas pentingnya branding yang kuat untuk menarik konsumen, serta bagaimana pendekatan pemasaran yang berfokus pada keberlanjutan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. 


Selain itu, Chairul Anam juga membahas pentingnya branding yang kuat untuk menarik konsumen, serta bagaimana pendekatan pemasaran yang berfokus pada keberlanjutan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. 


Melalui online bootcamp session dengan materi strategi marketing dalam lanjutan Sustainable Business Incubation Program ini, diharapkan pelaku usaha di Depok bisa menerapkan strategi marketing yang lebih inovatif dan berorientasi pada keberlanjutan, sehingga dapat memperkuat daya saing mereka di tingkat lokal maupun global sehingga dapat berpengaruh ke tingkat pertumbuhan ekonomi di kota depok.