WEST JAVA FESTIVAL 2023: Berkolaborasi dengan Asosiasi Artisan Teh Indonesia, Netisane Ikut Memeriahkan Puncak Acara Peringatan Hari Jadi Ke-78 Jawa Barat
West Java Festival merupakan acara tahunan yang memiliki banyak rangkaian acara, seperti pameran pariwisata UMKM, budaya, pendidikan, pertanian, kuliner, dan yang lainnya. Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Bandung, Eric MA menyatakan bahwa rangkaian West Java Festival 2023 ini membangkitkan kembali sektor pariwisata, ekonomi, khususnya sektor UMKM. Pasalnya, kegiatan tahunan ini sempat terhenti di tahun 2019 semenjak adanya pandemi Covid-19.
Menurut Ridwan Kamil, festival ini paling meriah yang pernah terselenggara di Jawa Barat, harapan beliau dengan adanya acara tersebut warga Jawa Barat dapat merayakan kegembiraan Jabar menjadi provinsi terbaik di Indonesia. Acara puncak peringatan hari jadi ke-78 Jawa Barat ini salah satunya adalah West Java Garden Festival yang diselenggarakan di Gedung Sate Bandung pada tanggal 2-3 September dimana terdapat bazaar tenant yang terdiri dari UMKM teh, kopi, dan kuliner khas Jawa Barat. Netisane berkolaborasi dengan Asosiasi Artisan Teh Indonesia dan UMKM teh artisan lainnya untuk ikut memeriahkan puncak acara dengan membuka tenant di area Dinas Perkebunan Jawa Barat.
Pada acara tersebut Netisane menampilkan berbagai varian produk berbahan dasar Cascara yang menjadi ciri khas dari Netisane. Teh Cascara adalah minuman yang terbuat dari kulit kering ceri kopi, buah yang mengelilingi biji kopi. Pada umumnya, petani dan pemetik kopi akan membuang kulit ceri ini setelah memisahkannya dari biji kopi. Namun, Netisane berupaya untuk memecahkan masalah limbah pertanian kopi di Indonesia, berkolaborasi dengan petani kopi lokal untuk memberikan nilai tambah bagi kulit buah kopi atau Cascara sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi mereka. Melalui acara West Java Garden Fest, Netisane ingin mengenalkan teh Cascara ke masyarakat dengan jangkauan yang lebih lebih luas lagi, baik kepada pencinta kopi, maupun pencinta teh. Selain uniknya rasa teh Cascara, banyaknya varian rasa yang ditawarkan Netisane membuat banyak pengunjung tertarik untuk mencoba produk Netisane dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai Cascara.
Adanya antusiasme tersebut membuat Netisane semakin terdorong untuk terus mengedukasi dan memperkenalkan Cascara ke masyarakat luas, terutama untuk melakukan branding agar masyarakat memahami manfaat dan value yang diberikan oleh Netisane. Selain itu, sesuai dengan visi dan misinya, Netisane ingin terus meyakinkan pasar akan besarnya potensi Cascara sebagai the future sustainable business yang menguntungkan.